Sambutan Dekan


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM UNDIP) adalah satu dari lima FKM pertama di Indonesia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi kesehatan masyarakat terkemuka serta menjadi referensi bagi institusi pendidikan tinggi sejenis lainnya di Indonesia. Sejak berdiri tahun 1985 (saat itu masih sebagai program studi kesehatan masyarakat di bawah Fakultas Kedokteran), FKM UNDIP senantiasa berkomitmen dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM kesehatan dan derajat kesehatan masyarakat melalui penyelenggaraan program pendidikan jenjang sarjana, magister dan doktor kesehatan masyarakat yang berkualitas.

Kondisi global dan nasional seperti tren penyakit, jumlah penduduk yang terus meningkat, mobilitas penduduk dan interaksi sosial yang tinggi, bencana alam yang tidak dapat diprediksi, perubahan lingkungan (iklim dan sosial budaya), dan perubahan di bidang teknologi informasi yang cepat telah mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Di lain pihak isu revolusi industri 4.0 merupakan tantangan tersendiri dalam pengembangan inovasi dan pembelajaran di bidang kesehatan masyarakat. Kami hadir untuk berkontribusi dalam penyelesaian permasalahan kesehatan masyarakat di tengah kondisi dan tantangan tersebut.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki misi utama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, maka kami membekali mahasiswa dengan kreativitas dan kemampuan praktis bidang kesehatan masyarakat. Untuk itu, kami mengembangkan pendidikan kesehatan masyarakat yang berkelanjutan dengan mennyediakan metode pembelajaran yang berbasis bukti, tenaga pengajar berkualifikasi tinggi, dukungan kurikulum yang responsif terhadap kondisi kesehatan dan kebutuhan masyarakat, fasilitas pembelajaran yang sangat memadai, serta lingkungan pembelajaran yang nyaman. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk mengaplikasikan hasil-hasil penelitian ke dalam bentuk kontribusi kesehatan masyarakat yang nyata.

Kami telah membangun kemitraan yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasional, dan internasional, guna meningkatkan kualitas pendidikan, riset dan inovasi, serta pengabdian masyarakat. Insya Allah, upaya-upaya tersebut akan memberikan kontribusi bagi pengembangan institusi, mahasiswa, masyarakat, dan masa depan Indonesia serta dunia.

Kami bangga dan menyampaikan terimakasih kepada para tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan para mitra atas semua peran dan kontribusinya dalam menjaga eksistensi institusi tercinta FKM Undip. Mari bergabung dengan FKM UNDIP untuk kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Terima kasih telah mengunjungi web ini dan mendukung FKM UNDIP.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Dr. Budiyono.
Dekan