Magister Kesehatan Lingkungan mengadakan kegiatan Visiting Professor selama satu minggu dengan tamu yaitu Prof. Jamal Hisham Hashim, Ph.D (University of Selangor Shah Alam Campus) and Dr Zailina Hashim (University Putra Malaysia). Serangkaian kegiatan ini diawali dengan opening ceremony, workshop penulisan publikasi ilmiah, stadium general lecture, kunjungan lapangan ke daerah endemic malaria, dan diskusi kerjasama antar universitas.
Salah satu kegiatan Visiting Professor tersebut adalah diskusi kerjasama antara Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dengan Universitas Putra Malaysia dan Universitas Selangor Shah Alam Kampus. Kegiatan ini dilakukan pada hari terakhir yaitu Jumat, 3 Mei 2024 dan dilakukan secara hybrid meeting. Hybrid meeting dilakukan untuk memfasilitasi staf dari Universiti Putra Malaysia dan Universiti Selangor Shah Alam Kampus yang tidak dapat hadir di UNDIP. Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua Senat Fakultas, dr. Mateus Sakundarno Adi, M.Sc, Ph.D didampingi oleh Ketua Program Studi Magister Kesehatan Lingkungan, Dr. Ir. Mursid Raharjo, M.Si.
Acara diawali dengan perkenalan staff pengajar dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan akademik yang ada di Universiti Putra Malaysia oleh Faculty of Medicine and Health Sciences, dilanjutkan Universiti Selangor Shah Alam Kampus oleh Fakultas Ilmu Kesehatan. Kedua belah pihak sepakat akan menandatangani dokumen yang berisi aktifitas kerjasama dalam bidang akademik.