Untuk memperkuat komitmen Fakultas Kesehatan Masyarakat dalam penanggulangan malaria di Purworejo, FKM UNDIP kembali memperkuat komitmennya dengan mendirikan laboratorium lapangan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.

Laboratorium lapangan malaria ini didukung penuh oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Dr. Sudarmi M. Kes. Laboratorium lapangan malaria ini dibangun di atas lahan pusat malaria lama yang telah direnovasi. Rencana pembangunan gedung 2 lantai ini akan berfungsi sebagai laboratorium kesehatan daerah, termasuk laboratorium lapangan malaria.

Kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten, FKM UNDIP dan Universitas di Korea Selatan (Yonsei University, Kangwon National University dan Chungbuk National University) ini akan memperkuat peran laboratorium lapangan malaria ini dalam mendukung eliminasi malaria di Purworejo. Dalam kunjungan ini, Prof Jeon, Prof Han, Prof Choe dan Dr Jun juga berkesempatan menemui Spesialis Malaria Desa dalam melakukan surveilans vektor nyamuk di Desa Kaligesing. Kunjungan singkat ini untuk menginisiasi penguatan peran laboratorium lapangan malaria di Purworejo dalam mendukung eliminasi malaria.

Surveilans Vector Malaria oleh professor dan tim