FKM Undip menjalin kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kesehatan Lingkungan Indonesia (LSP-KLI) sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan didukung Rumah Sakit Nasional Diponegoro sebagai obyek Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) Rumah Sakit dan tempat sampling pengelolaan Limbah Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Hadir pada kegiatan tersebut adalah Direktur dan Wakil Direktur LSP, Para Asesor, Tim Administrasi, serta 25 asesi (peserta uji sertifikasi kompetensi). Uji coba sebagai TUK dilakukan selama 2 hari tanggal 29-30 Oktober 2022. Para asesi yang dinyakatan kompeten akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang berlisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

a.Direktur LSP-KLI dan Tim Asesor

b. Persiapan sampling

c. Sampling air limbah

d. Uji laboratorium

Skema sertifikasi Kompetensi yang diujikan melipiuti: 1) Kluster Inspeksi Kesehatan Lingkungan Pengawasan Kualitas Air, 2) Kluster Inspeksi Kesehatan Lingkungan Tempat Pengolahan Pangan Siap Saji, dan 3) Kluster Inspeksi Kesehatan Lingkungan Pengelolaan Limbah Fasyankes. Metode uji yang dilakukan meliputu tes tulis, wawancara, praktik lapangan, dan uji laboratorium parameter kesehatan lingkungan.

Kegiatan uji coba Sertifikasi Kompetensi berjalan lancar dan semua peserta dinyatakan KOMPETEN. Ke depan, FKM Undip akan menjadi TUK – LSP-KLI untuk wilayah Jateng dan DIY. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut kerjasama dengan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) (Redaksi: Dr. Nurjazuli, SKM, M.Kes)