Pendaftaran Uji Kompetensi Periode II 2018

Pendaftaran dilakukan secara online pada alamat website www.ukakmi.com kemudia ikuti petunjuknya sesuai yang tertera pada gambar diatas

(FKM-UNDIP/HUMAS)

Try Out UKAKMI

Komite Nasional UKAKMI menyelenggarakan Try Out UKAKMI dengan metode Paper Based Test dan Internet Based Test di sejumlah institusi Pendidikan tinggi Kesehatan Masyarakat dengan berbagai soal UKAKMI yang akan melatih keterampilan mahasiswa untuk menjawab soal ujian dengan baik dan tidak terlalu kaget ketika menghadapi soal UKAKMI, serta mahasiswa dapat mengukur sejauh mana kemampuan diri mahasiswa.


(FKM-UNDIP/HUMAS)

Pelatihan Promkes dan Gizi Kerjasama dengan Universitas Halu Oleo

Semarang – Pada Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, kesehatan merupakan pusat yang menjadi prioritas dan Promosi Kesehatan merupakan strategi esensial untuk dapat mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Begitupun, dalam Program Pembangunan Indonesia Sehat, arah pembangunan kesehatan nasional saat ini bergerak dari kuratif menjadi promotif dan preventif.

Institusi pendidikan berperan menghasilkan calon tenaga promosi kesehatan sesuai kompetensi yang memiliki tanggung jawab sosial untuk menjadi promotor sekaligus fasilitator masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.

Kerjasama Pelatihan Promosi Kesehatan PKIP FKM Universitas Halu Oleo dengan PKIP FKM Undip tersebut sebenarnya telah berjalan sejak tahun 2014. Menurut, Putu dan Farit yang merupakan Dosen Pendamping peserta mengatakan bahwa mereka merasa puas dengan pelatihan di tahun 2014, kemudian memutuskan untuk bekerja sama kembali di tahun ini.

Pelatihan Promosi Kesehatan PKIP FKM UHO tersebut merupakan bagian dari mata kuliah praktikum di semester 6 yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dasar Promkes peserta didik yang meliputi Pemberdayaan Masyarakat, Public Speaking dan Fasilitasi Kesehatan, Advokasi dan Konseling Kesehatan, serta Teknologi Media Promosi Kesehatan.

Pelatihan Promosi Kesehatan berlangsung dari hari Senin, 23 Juli 2018 hingga Jumat 27 Juli 2018. Konsep pelatihan merupakan inovasi dari panitia dan tim pelatih di masing-masing materi pelatihan. Konsep yang menggabungkan proses pendidikan dengan ragam edukasi yang apik memperkaya atmosfir pelatihan yang bertempat di Gedung E FKM Undip menjadi ciamik.

Ditutup dengan kunjungan ke Rumah Sakit Dr.Kariadi, Forum Kota Sehat Semarang, dan Desa Wisata Kandri menjadi pelengkap yang komplit diakhir sesi pelatihan. Selain mendapat kompetensi pelatihan dasar Promkes, peserta juga disuguhkan dengan gambaran nyata tenaga Promotor Kesehatan di dunia kerja, seperti di RS. Dr. Kariadi dan upaya program kesehatan ditatanan masyarakat melalui Forum Kota Sehat Semarang, serta upaya kesehatan berbalut wisata dengan memberdayakan kemandirian masyarakat Kandri di Desa Wisata Kandri.

Putu dan Farit pun turut mengapresiasi metode dan cara PKIP FKM Undip dalam mengemas pelatihan sedemikian rupa dengan melibatkan mahasiswa dan narasumber yang profesional. “Pelatihan tidak monoton dan memberikan warna serta wawasan bagi mereka, bagaimana cara mengemas sebuah pendidikan dan pelatihan yang menarik,” tambah Putu dan Farit saat berdiskusi dengan dosen PKIP FKM Undip.
Kerja sama tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan, tidak hanya pelatihan melainkan tidak menutup kemungkinan untuk memperluas dipeningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti penelitian dan pengabdian. (Promkes FKM Undip)