15 Juli 2012, 13:19:44

Hari Pertama Pelaksanaan PBL-1 Mahasiswa FKM UNDIP

Salam Sehat,

Senin,16 Juli 2012 merupakan hari yang sangat dinanti bagi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Mengapa demikian.? Sebab hari tersebut merupakan pengalaman mereka untuk yang pertama kali terjun di tengah-tangah masyarakat untuk melakukan "Community Diagnosis" atau "Community Health Assessment". Kegiatan ini merupakan agenda rutin fakultas dan menjadi salah satu kurikulum unggulan di FKM UNDIP.

Ada hal yang berbeda dalam pelaksanaan PBL-1 tahun ini, dimana pada hari pertama tidak ada upacara penerimaan di Kantor Kecamatan, sebab fungsi koordinatif dalam upacara tersebut justru sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya dimana Koordinator lapangan sudah langsung turun dilapangan untuk melakukan koordinasi baik di level kecamatan, Desa, Puskesmas dan bahkan kepada para bidan di desa. Disamping itu mahasiswa akan lebih efektif untuk langsung terjun dimasyarakat dalam rangka identifikasi permasalahan kesehatan yang ada di desa, khususnya permasalahan Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA).

Kegiatan PBL-1 FKM UNDIP tahun 2012 dikuti sebanyak 374 Mahasiswa semester 4. Mahaiswa dibagi dalam 36 kelompok dan tiap-tiap kelompok ditempatkan di desa yang tersebar di tiga kecamatan yaitu kecamatan Sayung, Mranggen dan Guntur Kabupaten Demak. Mereka akan tinggal selama sepuluh hari dengan tugas utama untuk melakukan "Community Health Assessment" atau Diagnosa masalah kesehatan di masyarakat, khususnya permasalahan Kesehatan Ibu dan Anak.

"Selamat Berkarya Untuk Masyarakat"

Salam Sehat